Antara Strategi, Metode dan Model

(sumber gambar : investigasi.com)

Apa itu pendekatan pembelajaran ?

Pendekatan pembelajaran dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran, yang merujuk pada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum, di dalamnya mewadahi, menginsiprasi, menguatkan, dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoretis tertentu.

Berdasarkan pendekatannya,  pembelajaran terdapat dua jenis pendekatan, yaitu: (1) pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada siswa (student centered approach) dan (2) pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada guru (teacher centered approach).

Pendekatan pembelajaran itu sendiri memiliki dua klasifikasi umum, yakni

  1. Student centered approach yang berarti pendekatan pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik (siswa).
  2. Teacher centered approach yang berarti pendekatan pembelajaran yang berpusat pada pendidik (guru).

Menurut Wahjoedi (1999) pendekatan pembelajaran adalah cara mengelola kegiatan belajar dan prilaku siswa agar ia dapat aktif dalam melakukan tugas belajar sehingga bisa memperoleh prestasi belajar secara optimal.  Menurut Syaiful (2003) pendekatan pembelajaran merupakan suatu pandangan guru terhadap siswa dalam menilai, menentukan sikap dan perbuatan yang dihadapi dengan harapan dapat memecahkan masalah dalam mengelola kelas yang nyaman dan menyenangkan dalam proses pembelajaran. Menurut Nuryani (2002) pendekatan (approach) lebih menekankan pada strategi dalam perencanaan, sedangkan metode lebih menekankan pada teknik pelaksanaannya. Satu pendekatan yang direncanakan untuk satu pembelajaran mungkin dalam pelaksanaan proses tersebut digunakan beberapa metode.

Bagaimana dengan pendekatan saintifik yang sudah mulai digunakan dalam dekade terakhir ini ? Ada beberapa definisi mengenai pendekatan saintifik menurut beberapa penulis.

Tulisan ini dipublikasikan di INFORMASI PENDIDIKAN. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan